Tujuan Manajemen Aset dan Fungsi Manajemen Aset

Tujuan Manajemen Aset

Secara umum untuk pengambilan keputusan yang tepat agar aset yang dikelola berfungsi secara efektif, efisien dan bernilai tinggi.
v   Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.
v     Efektif dalam penglolaan aset berarti aset yang dikelola dapat mencapai tujuan yang diharapkan organisasi bersangkutan, misal mencapai kinerja tertinggi dalam pelayanan pelanggan.
v     Sedangkan efektivitas berarti derajat keberhasilan yang dapat dicapai berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. 
v     Atau efektifitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tinggi-rendahnya target yang telah dicapai misal jumlah capaian, derajat kualitas, waktu dan lain-lain.
v     Adapun efisien berarti menggunakan sumber daya serendah mungkin untuk mendapat hasil (output) yang tinggi, atau efisien itu rasio yang tinggi  antara output dengan input (a high ratio of output to input).
v  Umpama dalam pemahaman ekonomi, yang dimaksud dengan efisiensi ekonomi adalah ditunjukkan oleh tingkat penggunaan sumberdaya untuk mencapai produksi yang semaksimal mungkin baik untuk menghasilkan barang maupun jasa.
v   Dalam manajemen aset efisiensi yang senantiasa melekat dalam setiap tahap pengelolaan aset terutama upaya mencapai efisiensi yang tinggi dalam menggunakan waktu, tenaga dan biaya.

Tujuan inti manajemen aset adalah agar mampu

1.        meminimisasi biaya selama umur aset bersangkutan (to minimise the whole life cost of assets),
2.    dapat menghasilkan laba yang maksimum (profit maximum), dan dapat mencapai penggunaan serta pemanfaatan aset secara optimum (optimizing the utilization of assets).

Fungsi Manajemen Aset
Fungsi Manajemen Aset adalah,
  1. Merencanakan kebutuhan aset,
  2. Mengadakan aset,
  3. Menginventarisasi aset,
  4. Mengaudit  & melengkapi aspek legal aset,
  5. Menilai aset,
  6. Mengoperasikan aset,
  7. Memelihara aset,
  8. Menghapuskan aset
  9. Mengalihkan atau memusnahkan aset.

daftar pustaka:
Sugiama, A. Gima.2019. Pemahaman Dasar Manajemen Aset.Prosiding Materi Kuliah Pengantar Manajemen Aset.Politeknik Negeri Bandung:1-39

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HBU (The Highest and Best Use Analysis)

Klasifikasi Aset